Apa Sebenarnya Pusat Sumber Belajar (PSB) di Sekolah?

16library.jpegPusat sumber belajar (learning resoureces center) merupakan suatu perpaduan dari fungsi perpustakaan dan pusat multimedia pembelajaran. Pusat sumber belajar (PSB) pada dasarnya merupakan penerapan teknologi pembelajaran yang terfokus pada tujuan untuk memecahkan masalah-masalah belajar melalui intensifikasi dan diversifikasi pemanfaatan sumber-sumber belajar (learning resources). Dengan cara demikian pembelajaran diharapkan terlaksana secara efektif dan efisien dan pada gilirannya dapat mempertinggi mutu pembelajaran.

PSB bernilai ganda, dilihat dari segi pendidik dan pembelajar. Bagi pendidik, dengan pemanfaatan PSB secara tepat dapat meringankan tugasnya dalam menyajikan bahan pembelajaran yang dalam pembelajaran konvensional merupakan beban yang cukup memberatkan. Kecuali itu, pendidik memiliki peluang untuk lebih kreatif dalam mengembangkan kemampuan profesionalnya. Bagi pembelajar, dengan penggunaan PSB dapat menyalurkan mereka dalam proses belajar yang menggairahkan sebab terbuka peluang untuk belajar yang sesuai dengan kekhasan gaya belajar (learning style) masing-masing.

PSB dalam dimensinya yang lebih komprehensif dapat meluangkan terwujudnya pembelajaran yang adaptif dan akomodatif terhadap eksplorasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Jelasnya, eksplosi IPTEK dewasa ini, utamanya dimasa-masa mendatang, dari yang hanya mentransmisi pengetahuan kepada pembelajar menjadi memotivasi pembelajar untuk mampu mencari dan menemukan sendiri pengetahuan. Ini berarti bahwa PSB telah merupakan kebutuhan dalam sistem persekolahan yang seharusnya diadakan dan dikelola secafa profesional. Hal tersebut terakhir ini pula yang menjadi pokok permasalahan tentang PSB dalam sistem persekolahan kita.

PSB bermanfaat, paling tidak, dalam enam aspek pokok, yaitu:
1) meningkatkan produktivitas pendidikan 2) memberikan kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih sesuai dengan kekhasan tiap individu
3) memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran
4) dapat lebih memantapkan hasil pembelajaran
5) memungkinkan terjadinya belajar seketika secara bermakna (immediacy of learning)
6) memungkinkan penyajian pendidikan secara lebih luas, terutama dengan semakin beragamnya dan semakin canggihnya media massa dalam era reformasi dewasa ini.

Dari enam aspek pokok tentang manfaat PSB tersebut di atas terungkap pengertian bahwa PSB bukan pusat multimedia yang ditujukan untuk sekedar memecahkan masalah kelangkaan media pembelajaran dalam ruang kelas tradisional, melainkan menyediakan fasilitas pembelajaran yang memang dibutuhkan untuk terlaksananya pembelajaran yang efektif dan efisien.

Seperti diungkapkannya terdahulu bahwa tujuan umum PSB adalah mempertinggi daya guna dan hasil guna kegiatan pembelajaran melalui pengembangan sistem pembelajaran. Hal ini diwujudkan dengan menyediakan berbagai macam media sebagai fasilitas dan pilihan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di ruang kelas biasa dan untuk mendorong pemanfaatan cara-cara yang inovatif serta paling sesuai untuk mencapai tujuan program akademis yang telah direncanakan secara baik.

Sesuai dengan tujuan umum itu, maka PSB mempunyai tujuan-tujuan khusus, antara lain: 1) menyediakan berbagai macam pilihan media untuk menunjang pembelajaran dalam kelas tradisional; 2) memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem pembelajaran; 3) melaksanakan latihan untuk staf pengajar mengenai pengembangan sistem pembelajaran; 4) mengembangkan penelitian yang penting untuk pemanfaatan media pembelajaran; 5) menyebarkan informasi yang bersifat kontributif dalam penggunaan berbagai sumber belajar; 6) menyediakan pelayanan produksi bahan pembelajaran; 7) memberikan konsultasi dalam mendesain dan memodifikasi fasilitas sumber belajar; 8) membantu mengembangkan patokan penggunaan sumber-sumber belajar; 9) menyediakan pelayanan pemeliharaan atas berbagai macam peralatan; 10) membantu dalam pemilihan dan pengadaan media dan peralatannya; 11) menyediakan pelayanan evaluasi untuk membantu menentukan efektivitas berbagai strategi pembelajaran.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s