Promosi Perpustakaan: Untuk Menarik Minat dan Menumbuhkan Budaya Baca

Perpustakaan sebagai tempat kegiatan umum untuk mencari informasi, kini telah banyak mengalami perubahan. Di lembaga pemerintah atau kantor-kantor Kementerian dan kantor-kantor pemerintah daerah (Pemda), juga kantor-kantor swasta serta kantor kedutaan-kedutaan negara asing, perpustakaan disediakan dengan fasilitas  yang cukup nyaman. Selain ruang ber-AC, peralatan pendukung perpustakaan termasuk komputer, jumlahnya cukup memadai. Koleksi perpustakaannya sangat beragam dan sebagian sedang menuju kepada Perpustakaan Digital.

Sebagai salah satu dari fungsi ruang publik, perpustakaan bukanlah semacam toko buku. Koleksi perpustakaan, baik buku-buku referensi, buku-buku biasa, majalah, koran, dan informasi lain dalam bentuk CD-ROM, microfis, laporan penelitian, tesis, disertasi dan lain sebagainya tidak dijual. Semua koleksi perpustakaan didayagunakan seluruhnya untuk kepentingan pemustaka atau pengunjung perpustakaan yang mencari informasi. Meskipun perpustakaan masuk dalam kategori nirlaba dalam penyelenggaraannya, bukan berarti bahwa tidak perlu melakukan promosi perpustakaan.

Layanan referensi, layanan penelusuran, dan berbagai layanan yang dilakukan oleh sebuah perpustakaan, semata-mata untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dalam mencari informasi. Bagi mahasiswa atau pelajar, perpustakaan tetap menjadi tempat yang ideal untuk mencari informasi yang berkait dengan bidang studi yang sedang ditekuninya. Namun demikian survey yang dilakukan oleh UNESCO di negara-negara ASEAN menyebutkan bahwa minat baca orang-orang Indonesia adalah yang paling rendah. Ini menunjukkan bahwa, perpustakaan tetap harus melakukan berbagai promosi, agar publik khususnya para mahasiswa dan pelajar dapat lebih sering memanfaatkan perpustakaan dan juga menumbuhkan budaya baca.

Membaca yang sering kita kenal sebagai “kunci”-nya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, harus terus dibudayakan tanpa henti. Para mahasiswa dan pelajar, bahkan para peneliti sekalipun, mestinya otomatis memiliki kegiatan membaca di atas rata-rata minat baca masyarakat umum. Sesuai dengan keberadaannya baik Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Perguruan Tinggi, perpustakaan di kantor Kementerian atau lembaga negara harus melakukan promosi tentang berbagai fasilitas perpustakaan. Berbagai kemudahan melakukan penelusuran informasi dan produk lain yang dimiliki sebuah perpustakaan harus di promosikan kepada masyarakat luas.

Masih rendahnya minat pelajar mendatangi perpustakaan maupun rendahnya budaya baca, diharapkan dapat dipacu dengan berbagai kegiatan promosi pihak perpustakaan. Antara lain dengan menerbitkan buku-buku saku, pamlet, brosur dan berbagai bentuk terbitan yang menginformasikan berbagai koleksi dan koleksi terbaru sesuai bidang dan disiplin ilmu yang ada. Membuka konsultasi dan membuka layanan informasi yang dapat diakses kepada perpustakaan lain, melalui jurnal atau majalah yang diterbitkan oleh pihak Perpustakaan. Di era kemajuan teknologi informasi saat ini, internet via handphone (HP) juga dengan mudah dapat mengunduh berbagai informasi yang dibutuhkan. Namun demikian, informasi yang didapat khususnya untuk para pelajar, tidak selengkap dan se-spesifik informasi yang didapat di perpustakaan.

Bagi perpustakaan yang berada dibawah kantor Kementerian atau lembaga negara termasuk Perpustakaan Umum Daerah (Perpumda) dan BUMN, perpustakaan sudah selayaknya tidak hanya digunakan oleh kalangan sendiri. Dalam rangka untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan membantu para mahasiswa dan para pelajar, selalu memberikan akses kepada para pelajar untuk mengunjungi perpustakaan. Promosi perpustakaan sudah sepatutnya dibiayai oleh pemerintah melalui DIPA di Kementerian maupun lembaga-lembaga negara.

Sumber: pdii.lipi.go.id

Posted from WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s