Internet dan Sistem Automasi Perpustakaan SMAN 7 Denpasar

Image

Internet merupakan media komunikasi yang menawarkan berbagai fasilitas bahasa informasi dan mampu memperpendek jarak komunikasi. Kehadiran internet di Perpustakaan SMAN 7 Denpasar merupakan tuntutan atas pesatnya perkembangan teknologi informasi dan derasnya arus informasi saat ini. Dengan pemanfaatan internet, Perpustakaan SMA 7 Denpasar dapat menjalankan fungsinya sebagai media informatif dengan lebih maksimal.

Pengguna Perpustakaan SMAN 7 Denpasar (guru, pegawai, dan siswa) dapat mengakses internet di perpustakaan dengan menggunakan Wifi Access yang terautentifikasi username dan password. Sebelumnya, pengguna perpustakaan perlu mendapatkan/meminta autentifikasi ini dari unit kerja Multimedia (Lab. Multimedia). Sepanjang tahun ajaran 2011/2012, pemanfaatan internet di perpustakaan banyak dilakukan oleh para siswa baik melalui laptop ataupun melalui ponsel. Tujuan siswa memanfaatkan internet sebagian besar adalah untuk mencari informasi, referensi tugas, dan sosial media. Hal ini juga berdampak positif bagi perpustakaan, yaitu meningkatnya frekuensi kunjungan perpustakaan oleh para siswa.

Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan, mulai tahun ajaran 2011/2012 pengelola Perpustakaan SMAN 7 Denpasar menerapkan sistem automasi perpustakaan SLiMS. SLiMS (Senayan Library Management System) adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan berbasis web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan ini telah diterapkan oleh Perpustakaan SMAN 7 Denpasar sejak awal tahun ajaran 2011/2012, yaitu bulan September 2011. 

Pada awalnya, SLiMS digunakan oleh Perpustakaan SMAN 7 Denpasar untuk keperluan input data bibliografi koleksi. Kemudian berkembang digunakan untuk inventarisasi koleksi, katalogisasi, OPAC (Online Public Access Catalog) atau sistem temu kembali informasi (information retrieval), pelaporan dan evaluasi. Kelebihan SLiMS antara lain adalah disediakan secara gratis oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang berat/canggih. Selain itu, perangkat lunak tersebut terbukti reliabel telah digunakan oleh banyak perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia. Namun demikian, pemanfaatan SLiMS sebagian besar masih didominasi oleh pustakawan untuk pemrosesan koleksi. Siswa masih belum banyak yang memaksimalkan SLiMS untuk penelusuran koleksi yang diinginkan melalui OPAC. Oleh karena itu, program pendidikan pemakai harus diintensifkan agar siswa dapat mencari informasi secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s