Perpustakaan SMAN 7 Denpasar Optimalkan Penggunaan Sistem Automasi SLiMS

Perpustakaan SMAN 7 Denpasar berencana mengoptimalkan penggunaan sistem automasi SLiMS pada tahun ajaran baru 2012/2013. Hal ini bertujuan agar layanan perpustakaan dapat berjalan efektif dan efisien.

SLiMS (Senayan Library Management System) adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan berbasis web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan ini telah diterapkan oleh perpustakaan SMAN 7 Denpasar sejak tahun ajaran 2011/2012, yaitu bulan September 2011. Pada awalnya, SLiMS digunakan oleh perpustakaan SMAN 7 Denpasar untuk keperluan input data bibliografi koleksi. Kemudian berkembang digunakan untuk inventarisasi koleksi, katalogisasi, OPAC atau sistem temu kembali informasi (information retrieval), pelaporan dan evaluasi.

Pada tahun ajaran baru 2012/2013 perpustakaan SMAN 7 Denpasar berencana untuk lebih mengoptimalkan SLiMS, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas sistem sirkulasi (peminjaman dan pengembalian koleksi) dan sistem keanggotaan perpustakaan yang ada pada perangkat lunak SLiMS. Dengan optimalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan kepada pengguna, terutama dalam hal layanan peminjaman pengembalian koleksi dan administrasi. Ujicoba tahap awal dari sistem sirkulasi dan keanggotaan pada SLiMS dilaksanakan pada awal Agustus 2012 sampai dengan Januari 2013 (6 bulan).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s